Pages

Senin, 14 Februari 2011

hari valentine di jepang

today is a valentine daaayyyy!!!! well, sebenernya miu bukan tipe orang yang suka ngerayain sesuatu yang seperti ini. kalau saya sih lebih karena coklatnya aja, hohohoho :please:

liat...gimana gak ngiler coba...

sampai sekarang gak pernah tuh namanya ngerayain valentine (tapi kalo dikasih coklat, ya terima-terima ja sih, makanan gratis kok ditolak, hehehe), jadi kurang tahu pasti seperti apa perayaan valentine di sini (indonesia). hari ini, miu akan jelaskan sedikit seperti apa sih perayaan valentine di jepang sana.

hari valentine di jepang
Hari Valentine dirayakan dengan cara yang menarik pada dua tanggal yang berbeda di negara Jepang. Pada tanggal 14 Februari para perempuan memberi hadiah (yang biasanya coklat)untuk pacar mereka atau orang (laki-laki tentunya) yang dekat dengan mereka. pemberian mereka itu akan dibalas di Hari Putih (white day), yang dirayakan pada tanggal 14 Maret ketika para pria memberikan balasan hadiah (katanya sih umumnya marsmallow, tapi bisa apa aja sih hadiahnya) kepada wanita yang memberi mereka hadiah sebulan sebelumnya di Hari Kasih Sayang.


Tradisi memberi coklat
Ada tradisi kuat yaitu perempuanlah yang memberi coklat kepada laki-laki pada Hari Kasih Sayang di Jepang. ada dua jenis cokelat untuk Hari Valentine. Salah satunya adalah jenis coklat yang disebut Giri-choco,diberikan kepada teman, bos, kolega dan teman pria dekat. 'Giri' di Jepang berarti kewajiban maka itu adalah cokelat yang tidak memiliki hubungan romantis. cokelat Giri sebagian besar dibeli dari toko. para perempuan memberikan giri-choco untuk menyenangkan semua orang yang dekat dengan mereka.

Coklat untuk pacar, kekasih atau suami yang khusus dan disebut hon-mei. Banyak perempuan Jepang berpikir bahwa bukanlah cinta sejati jika mereka membeli coklat hari Valentine untuk pacar mereka dan karenanya honmei-choco biasanya disiapkan oleh perempuan sendiri (handmade coklat gitu dehh). Pria merasa beruntung jika mereka menerima honmei-choco di Hari Valentine.

Sepertinya cokelat adalah hadiah yang paling populer untuk hari valentine,sehari sebelumnya departemen store dan toko kelontong menjual cokelat dalam berbagai ukuran untuk memikat pelanggan. Diperkirakan bahwa setengah dari jumlah penjualan coklat dalam satu tahun terjual di hari valentine di jepang.


Tradisi Merayakan Hari Putih
Perayaan White Day di Jepang dimulai oleh sebuah perusahaan marshmallow coklat pada tahun 1960. Pada tanggal 14 atau Hari Putih pria yang seharusnya memberi hadiah cokelat kembali untuk wanita yang mereka terima coklatnya pada tanggal 14 Februari. Warna coklat umumnya putih sesuai dengan nama harinya (white day). pada saat white day, pria juga memberikan hadiah bunga, permen dan hadiah lain bersama cokelat.

yap..begitulah perayaan valentine di jepang, hmm...jadi ngiler liat coklatnya...kayaknya enak banget.... :puppyeyes:. atau mungkin tahun ini ada yang pingin berinisiatif mau ngasih sesuatu selain coklat?? seperti yang satu ini
semangka valentine, wkwkwkwk...tapi kalau mau lebih khas indonesia, mungkin bisa pake duren kali ya....kaya acara di trans tv kmaren, durennya dikasih pita merah putih gitu, trus kasih dah ke pasangannya, sayang...ini hadiah valentine buat kamu... :inlove: , duren boleh mungut dari tetangga sebelah...enak loh say.... trus ente makan dah bareng-bareng ma kekasih tercinta, gak usah dikupas, gak usah dibelah...digantung ja kayak buat lomba makan krupuk..kayak gini nih...

romantis khan??? mrgreen. ok, see u again guys!!! :ngacir:
sumber:valentine's day in japan

0 komentar:

:f :D :x B-) b-( :@ x( :? ;;) :-B :| :)) :(( =(( :s :-j :-p

Posting Komentar